Menulis di BlogKu

Oleh : ARFIAN BAHRI

Kita sering membayangkan hal-hal yang indah dalam hidup. Terkadang imajinasi kita dapat berupa suatu alur cerita yang indah. Ketakutan dan kekawatiran yang menjadikan konflik penegang suasana dan keingingan yang dalam menjadi ending yang mengharukan. Tapi sayangnya semua itu hilang begitu saja dalam lamunan kita. Seperti cita-cita yang ingin di gapai tanpa usaha. Seharusnya imajinasi menjadi hal yang utama dalam penciptaan karya dari manusia. Tanpa imajinasi mungkin tidak akan ada pesawat terbang atau alat-alat yang canggih seperti saat ini.

Jika kau membangun kastil di udara, pekerjaanmu tidak sia-sia. Memang di sanalah seharusnya mereka berada. Sekarang buat landasan di bawahnya (Henry D. Thoreau). Seperti itulah gambaran dari cita cita dan imajinasi kita. Kita harus berusaha membuat dasar sehingga menjadi sesuatu yang nyata dalam kehidupan. Manusia berimajinasi di setiap harinya. Dalam hal ide, setiap orang telah memilikinya. Hanya saja dibutuhkan keinginan untuk memulai dan ide kreatif untuk membuat karya yang indah. Harus ada keberanian untuk memulai dan semangat untuk menuntaskanya.

Seringkali keinginan di awal menulis yaitu untuk menghasilkan karya yang indah. Namun tidak melihat atau menyadari bahwa menulis sebuah karya memberikan kita banyak pelajaran. Dalam menulis kita belajar untuk mengungkapkan gagasan, mengumpulkan ide, dan menerima tanggapan dari orang lain. Menulis juga membantu kita mengingat hal-hal dalam kehidupan kita.

Menulis tidak harus menargetkan untuk hal yang terlalu tinggi. Kadang kita takut mengutarakan ide jika karena terlalu sederhana. Tapi banyak hal sederhana yang lebih berarti dari ide-ide yang di buat-buat. Ide biasa yang menimbulkan antusiasme lebih berhasil daripada ide besar yang tidak menginspirasi siapapun (Mary kay Ash). Memulai menulis dari hal sederhana membuat kita lebih merasakan kesenangan dalam menulis. Karena tidak jenuh memikirkan ide-ide yang kita anggap kreatif. Sehingga kita tidak kehilangan banyak waktu untuk menulis. Selain itu ide yang kita anggap kreatif mungkin tidak begitu menarik antusias orang lain atau sudah umum.

Kesederhanaan akan memacu kepada hal yang lebih realistis dalam kehidupan. Interaksi melalui tulisan memicu ide untuk menghasilkan yang lebih baik. Mempengaruhi satu sama lain untuk saling mempengaruhi. Bagiku menulis juga merupakan wujud ibadah jika tulisan ini bermaanfaat untuk orang lain

Tulisan yang kita buat pastilah ingin kita publikasikan. Dulu sangat sulit untuk mempublikasikan suatu karya di media massa. Karena harus melewati seleksi dari media tersebut. Tentunya tidak semua orang bisa melakukannya. Disaat perkembangan IT yang semakin pesat, hadir blog sebagai media untuk berkarya secara online. Sudah seharusnya kita tidak menyia-nyiakan fasilitas ini. Dalam menulis blog, kita dapat memperoleh banyak hal. Karya kita akan dibaca oleh kalangan luas yang tertarik akan tulisan kita. Terkadang kita mendapat komentar yang dapat mendukung kita untuk berkarya lebih baik. Kita juga dapat mengikuti kontes menulis di blog yang tentunya berhadiah menarik. Kesan dan pengalaman kegagalan serta keberhasilan dalam mengikuti kontes menulis itu juga menambah ilmu kita.

Dalam menulis blog banyak hal terlintas di benak ku. Awalnya bingung apa yang akan aku tulis. Aku mencoba menulis beberapa ide namun selama tiga bulan lebih tak ada satu pun pengunjung yang melihat blog ku. Aku jadi patah semangat gara-gara tak satupun orang yang tertarik pada ide ku. Mungkin hal-hal yang kurang umum, sehingga tidak begitu menarik. Saat aku mulai vakum, sahabatku usil mengeposkan hasil karya studinya. Saat itu pengunjung mulai berdatangan melihat blog ku. Setelah itu kepemilikan blog ini aku jadikan untuk kami berdua. Mungkin memang perlu menulis dimulai dari hal yang umum yang banyak orang cari untuk mengenalkan blog kita. Saat tulisan menyenangkan dalam menulis blog adalah saat kita melihat counter pengunjung yang semakin banyak. Ternyata bloging itu menyenangkan.



Artikel ini diikutsertakan dalam kontes menulis yang diadakan oleh
Indonesia
Menulis
yang diSponsori oleh:
01. Sawa
Sanganam

02. Mbak
Diah

03. Bujang Rimbo
04. Ahmad
Sofwan

05. WP Template Gratis
06. Khairuddin
Syah

07. Reseller Indobilling
08. Ardy
Pratama

09. Hangga
Nuarta

10. Abdul Cholik
11. Herman
Yudiono

12. Aldy M Aripin

0 Responses